Jumat, 14 November 2014

pengertian, fungsi dan ciri manajemen operasional, manajemen pemasaran, manajemen produksi, manajemen SDM, manajemen keuangan

Nama : Fanny Kurniasih
Kelas : 1EB35
NPM : 23214919


PENGERTIAN, CIRI-CIRI DAN FUNGSI DARI:
a.     Manajemen Operasional
b.    Manajemen Pemasaran
c.     Manajemen Produksi
d.    Manajemen SDM
e.     Manajemen Keuangan


A.   Manajemen Operasional

PENGERTIAN:
            Manajemen Operasional adalah area bisnis yang berfokus pada proses produksi barang dan jasa, serta memastikan operasi bisnis berlangsung secara efektif dan efesien
Manajemen operasional merupakan bentuk pengolaan secara menyeluruh dan optimal pada masalah tenaga kerja, barang-barang seperti: mesin, peralatan, bahan-bahan mentah, atau produk apa saja yang bisa dijual belikan.

CIRI-CIRI:
Barang:
1. Produk berwujud
2. Produk bisa dijual kembali
3. Produk bisa disimpan
4. Produk terpisah dengan konsumsi
5. Produk bisa diangkut

Jasa:
1. Produk tidak terwujud
2. Jasa sulit dijual kembali
3. Banyak jasa tidak bias disimpan
4. Produksi dan konsumsi bias secara silmutan
5. Penyedia, bukan produk, bias diangkut

FUNGSI:
  1. Pemasaran yang menghasilkan permintaan, menerima pesanan produk sehingga menghasilkan penjualan.
  2. Sebagai proses, berupa teknik, yaitu metode yang digunakan untuk mengolah bahan 
  3. Sebagai pengorganisasian teknik dan metode, sehingga proses dapat dilaksanakan secara efektif 
  4. Sebagai dasar penetapan perencanaan bahan 
  5. Sebagai pengawasan atas tujuan penggunaan bahan.

B.   Manajemen Pemasaran

PENGERTIAN:
            Manajemen Pemasaran berasal dari dua kata, yaitu: manajemen dan pemasaran.
Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertrukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.
            Sedangkan manajemen adalah proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating) dan pengawasan.

CIRI-CIRI:
  1. Titik-tolak penyusunannya melihat bisnis secara keseluruhan
  2. Diusahakan dampak kegiatan yang direncanakan bersifat menyeluruh
  3. Dalam penyusunannya diusahakan untuk memahami kekuatan yang mempengaruhi perkembangan bisnis
  4. Jadwal waktu/timing yang ditentukan adalah ng sesuai dan mempertimbangkan fleksibilitas dalam menghadapi perubahan
  5. Peyusunan rancana dilakukan secara realistis dan relevan dengan lingkungan yang dihadapi

FUNGSI:
            Fungsi manajemen pemasaran meliputi : riset konsumen pengembangan produk, komunikasi-promosi, distribusi,penetapan harga dan pemberian service.
Semua kegiatan inii dilakukan untuk mengetahui, melayani, memenhi dan memuaskan kebutuhan konsumen.
Didalam fungsi manajemen pemasaran ada kegiatan menganalisi yaitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga dapat diperoleh seberapa beasar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar.


C.   Manajemen Produksi

PENGERTIAN:
            Manajemen produksi adalah salah satu cabang manajemen yang mengatur untuk mencptakan dan menambah sebuah kegunaan suatu barang dan jasa.untuk mengatur kegitan ini perlu dibuat sebuah keputusan yang berhubungan dengan usaha untuk mencapai sebuah tujuan agar barang dan jasa tersebut dapat dihasilkan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

CIRI-CIRI:
  1. Produksi dalam jumlah besar, variasi produk sangat kecil dan sudah distndarisasi.
  2. Menggunakan product layout atau departmentation by product
  3. Mesin bersifat khusus
  4. Operator tidak mempunyai keahlian yang tinggi
  5. Salah satu mesin/peralatan rusak atau terhenti, seluruh proses produksi terhenti
  6. Tenaga Kerja sedikit
  7. Persediaan bahan mentah dan bahan dalam proses kecil.
  8. Dibutuhkan maintenance specialist yang berpengetahuan dan pengalaman yang banyak.

FUNGSI:
1. Fungsi Perencanaan Produk
            Fungsi ini menentukan bentuk dan mutu produksi akhir, dan mempunyai tiga jenis             kegiaan : urutan kerja, penjadwalan, dan dispesing.
2. Fungsi Perencanaan Proses
            Fungsi ini berhubungan dengan penetapan metode terbaik, paling efektif dan         efesien untuk mengkombinasikan sumber-sumber daya yang ada san untuk           menghasilkan produksi yang sesuai dengan perencanaan produksi.
3. Fungsi Persediaan
            Fungsi ini berhubungan dengan kegiatan persediaan bahan baku, mutu, waktu,       dan tempat yang tepat dengan memperhitungkan biaya serendah mungkin.
4. Fungsi Pengawasan
            Fungsi ini menentukan kegiatan pelaksanaan agar tetap sesuai dengan rencana        produksi.
5 Fungsi Pengawasn Mutu
            Berhubungan dengan pemeliharaan mutu produksi sehingga sesuai dengan             keinginan pasar.
6. Fungsi Pengawasan Biaya
            Kegiatan yang bertanggung jawab terhadap setiap perbedaan antara biaya yang      dikeluarkan dengan biaya yang direncanakan.
7. Fungsi Pengangkutan
            Bertujuan agar proses produksi dapat dilaksanakan dengan tepat dan dengan         perlengkapan sekecil-kecilnya.

D.   Manajemen SDM

PENGERTIAN:
            Manajemen SDM adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya.
Menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan, sumber daya manusia juga menyangkut desain system perencanaan,
           

CIRI-CIRI:
  1. Pekerja-pekerja yang menuntut interaksi dan koordinasi yang erat antara kelompok-kelompok individu
  2. Penilaian kinerja yang mencerminkan pencapaian tujuan berdasarkan kelompok untuk jangka waktu yang lebih panjang
  3. Pekerja yang memungkinkan karyawan yang mengembangkan keahlian yang dapat digunakan didalam posisi lainnya disalam perusahaan
  4. Sistem kompensasi yang menekankan pada keadilan internal dari pada keadilan eksternal
  5. Tingkat gaji yang cenderung rendah
  6. Jalur-jalur karier yang lebar

FUNGSI:
            Untuk memperoleh sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah.

E.    Manajemen Keuangan

PENGERTIAN:
            Manajemen Keuangan adalah suatau kegiatan/aktivitas perncanaan, pengendalian,pecarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan dan manajemen perusahaan untuk memperoleh sumber modal yang semurah-murahnya dan menggunakan seefektif mungkin, seefesien mungkin, seproduktif mugkin untuk menghasilkan laba.

CIRI-CIRI:
1.      Prinsip yang diterima umum didasarkan pada logikan dan pengalaman
2.      Dibuat tidak ada standarnya atau ketentuannya

FUNGSI:
            Berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuan secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit, dan menyangkut keputusan tentang penanaman modal, pembiyaan kegiatan usaha dan pembagian deviden pada suatu perusahaan.
Tugas pokok manajemen keuangan adalah : merencanakan untuk memperoleh dana menggunakan dana tersebut untuk memaksimalkan nilai perusahaan.




REFERENSI:
1. Handoko, T Hani, 1991, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 1, BPFE Yogyakarta.

2. http://www.manajemenn.web.id/2011/04/fungsi-manajemen-pemasaran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar